Sabtu, 26 April 2014

Trik & Tips








Cara Untuk Meningkatkan 
Semangat Hidup ODHA

OHDAODHA adalah singkatan dari Orang yang Hidup dengan HIV dan AIDS. ODHA adalah mereka yang terinfeksi HIV dan mungkin yang telah pada tahap AIDS. Lalu apa yang harus kita lakukan bila ada teman, sahabat atau kerabat yang sudah positif HIV/AIDS? Paling bijak adalah dengan tetap memberinya motivasi dan dorongan agar tetap semangat hidup. Tapi bagaimana caranya? Mari intip sedikit tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk memberi semangat hidup kepada ODHA.
Dampingan Sebaya
Peningkatan mutu hidup ODHA merupakan salah satu tujuan dari Strategi Rencana Aksi Nasional (SRAN) Penanggulangan AIDS 2010-2014. Dukungan sebaya adalah dukungan mental yang diberikan oleh ODHA, terutama ODHA yang baru mengetahui status HIV. Untuk itulah peran KDS (kelompok dampingan sebaya) menjadi sangat penting bagi ODHA.
Pemberdayaan Diri
Banyak yang berpendapat bahwa diagnosis HIV dan AIDS adalah vonis hukuman mati. Sedikit ODHA yang berani hidup dengan menanggung stigma berat dalam masyarakat. Suatu contoh yang sangat inspirasional bahwa seorang ODHA mampu mencetak prestasi yang mendunia. Sebut saja Derajat Ginanjar Koesmaryadi, pendiri Rumah Cemara, sebagai contoh yang bisa dikonfirmasi prestasinya melalui search engine internet bagaimana dia dan komunitasnya mampu meraih penghargaan dalam Homeless World Cup di Paris tahun 2011, suatu ajang kompetisi street soccer. Untuk melakukan kegiatan olahraga seperti ini tentu seseorang mesti dalam kondisi raga yang fit.
Penerimaan dan Kepercayaan Diri
Kepercayaan diri ODHA yang terbangun untuk menghidupi hari-harinya akan mendorongnya untuk berani menaklukkan penyakit ini. Menaklukkan di sini dalam artian mampu menerima dan bersahabat dengan si virus sebagai penghuni tubuhnya meski dan mesti tetap melakukan terapi ARV sehingga bisa hidup dengan well-being. Pengabaian terhadap keinginan meraih label normal dan lebih fokus untuk bangkit dari keterpurukan dengan menjalani gaya hidup yang sehat diharapkan bisa membentuk kualitas hidup yang baik. Harapan hidup mungkin akan lebih panjang dari yang diperkirakan dan bahkan tidak pernah jatuh dalam kondisi AIDS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar